Sosialisasi Pengisian Borang PMK3I Kota Makassar

Blog Single

Pada tanggal 23-24 oktober 2019 Pemerintah Kota Makassar mengundang Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif untuk sosialisasi dalam pengisian borang Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Bertempat di Hotel Golden Tulip Essential Makassar dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kota Makassar kegiatan berlangsung dihadiri oleh perwakilan dari Akademisi, Komunitas, Bisnis/Industri dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah Kota Makassar.

Acara pada hari pertama dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Hadijah Iriani dan dilanjutkan Focus Group Disscussion (FGD) mengenai urgensi Kota Makassar dalam berjejaring Kota Kreatif secara nasional maupun internasional. Turut mengundang juga dari perwakilan Komite Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Eko Windu Prasetya terkait dengan informasi mengenai Kota Kreatif Unesco.

Hari Kedua dengan peserta yang sama, dilakukan workshop simulasi dalam pengisian borang secara teknis melalui aplikasi Kota Kreatif ataupun Website Kotakreatif.id disertai dengan pemaparan secara prosedural dalam mengikuti program PMK3I. Menjelang acara berakhir dilakukan kesepakatan bersama seluruh aktor Kota Makassar dalam memilih tiga subsektor prioritas yang akan diajukan untuk di-uji petik, yaitu subsektor Kuliner, Seni Pertunjukan dan Film Video dan animasi. 

Hingga kini Kota Makassar sedang menyiapkan langkah-langkah administrasi dalam mengikuti PMK3I sebagai langkah awal untuk berjejaring bersama Kabupaten/Kota lain di Indonesia.

(Foto: Dinas Pariwisata Kota Makassar)

Share this Post: